Edisi 219 | Mei 2024

Tata Kelola Pemerintahan

Sejak tahun 2022 Rumah Generasi adalah salah mitra Yayasan BaKTI dalam Program Inklusi. Rumah Generasi mengimplementasikan Program Inklusi-BaKTI di Kota Ambon, yang salah satu kegiatannya melakukan pembentukan atau revitalisasi kelompok konstituen di lima belas desa/negeri yang menjadi target Program Inklusi. Kelompok konstituen di dua belas desa/negeri...

Penulis : Sofia Siahaya

Pembangunan Manusia

Asosiasi Industri Fotovoltaik Eropa (EPIA) bersama Greenpeace International memprediksi green jobs akan menjadi tren global mulai tahun 2025. Namun, badan PBB untuk program pembangunan (UNDP) memperkirakan pada tahun 2030, 60% generasi muda di dunia belum memiliki green skills yang diperlukan untuk memasuki era green jobs.

...
Penulis : Lingga Utami
Foto: Pelajar SMA Negeri 14, Semarang, Jawa Tengah, mengembangkan inovasi teknologi dengan sistem energi terbarukan yang ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.

Tulisan ini dibuat dalam kerangka besar program Peningkatan dan Pengembangan Penghidupan bagi Masyarakat Miskin yang Inklusif dan Berkelanjutan di Kawasan Timur Indonesia yang disingkat sebagai program BangKIT. Program ini diimplementasikan di kawasan timur Indonesia dengan mengambil lokus pada dua provinsi yakni Maluku dan Nusa Tenggara Timur, yang...

Penulis : Urban El Fatih Bani Adam
Foto: Penduduk desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (Dokumentasi Yayasan BaKTI)

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Pada 7 Maret 2024, Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan (KEMITRAAN) mendiseminasikan riset terbaru mereka. Riset berfokus pada kerentanan perempuan adat di Wangga Meti, Kecamatan Matawai La Pawu, Sumba Timur; Desa Malancan, Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai dan komunitas Etnis Cina Benteng, Kecamatan Kosambi, Tangerang. Temuan pentingnya,...

Penulis : Jasmine Floretta V.D
Ilustrasi: The Magdalene

Ketidakadilan yang disaksikan Rambu Amy bukan hanya dari lingkungan sosial, melainkan juga alam. Suatu waktu ketika masih SMP, Rambu Amy sedang melintasi jalanan yang dekat dengan hutan, dan menyaksikan kebakaran hutan yang sangat hebat. Detik itu juga, ia bertekad untuk menjaga hutan.

“Tiba-tiba saya merasa kecewa dan sakit hati, sampai berjanji dalam hati akan...

Penulis : Aurelia Gracia
Ilustrasi: The Magdalene

Selebritas Megan Fox dalam sebuah wawancara dengan Sports Illustrated mengungkapkan bahwa dia memiliki dismorfik tubuh (body dysmorphia). Fox mengatakan “Saya tidak pernah melihat diri saya seperti orang lain melihat saya. Tidak pernah ada titik dalam hidup saya yang membuat saya mencintai tubuh saya.”

Fox bukan...

Penulis : Viren Swami
Ilustrasi: The Magdalene

Konten yang diminati anak bervariasi dan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan tentu ketersediaan teknologi komunikasi dan aplikasi yang dimiliki oleh anak. Usia menentukan minat anak, ada kecenderungan usia 13 tahun ke bawah lebih senang dengan hiburan dan permainan. Permainan atau game anak dalam bentuk kartun, simbol, angka,...

Penulis : Arafah

Lingkungan Hidup

Pantai kampung Malaumkarta siang itu terlihat cerah. Cuaca lagi bersahabat, desiran angin laut di bawah rimbunan pepohonan terasa sejuk menerpa wajah. Di sekitar pantai belasan anak-anak tampak bermain saling lempar pasir dengan ceria.

Di bibir pantai, sejumlah orang tampak sedang menaiki perahu bermesin tunggal,...

Penulis : Wahyu Chandra
Pulau Um, ikonik bagi masyarakat Kampung Malaumkarta, hanya berjarak sekitar 0,16 km dari daratan pantai. Pulau kecil ini menjadi rumah bagi ribuan kelelawar dan burung camar, kadang juga ditemui burung Maleo. Foto: Wahyu Chandra/Mongabay Indonesia.

Amanda Wambalolo muda tak pernah pusing memikirkan ke mana harus mencari makan. Amanda tinggal di Kampung Yoka, di tepi timur Danau Sentani, di antara hamparan perbukitan dan aliran belasan sungai Pegunungan Cycloop.

Beragam pilihan pangan kaya karbo tumbuh di Kampung Yoka, seperti yameha atau pohon sagu berduri, ...

Penulis : Asrida Elisabeth
Foto: Yan Pulalo, nelayan Kampung Yoka, sedang mengeluarkan ikan dari jaring yang ditebar di Danau Sentani. (Project M/Leo Ohee)

Lainnya

“Lumung apa hau ali ata rona eme toe bae dedang songke?” Yovita Hamsia, 52 tahun, mengingat perkataan ibundanya puluhan tahun lalu: Apa yang membuat laki-laki menyukaimu kalau kamu tidak tahu menenun songke? 

Saat usia remaja, Yovita dan teman-teman sebayanya selalu menerima nasihat yang sama dari ibu mereka: anak...

Penulis : Rosis Adir
Foto: Yovita Hamsia (52) menunjukkan motif tenun yang disebut songke di Kampung Sambi, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, NTT. (Project M/Rosis Adir)

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.