Edisi 222 | Agustus 2024

Tata Kelola Pemerintahan

Apa manfaat bagi Indonesia sebagai Negara Kepulauan setelah menjadi tuan rumah 2 (dua) event internasional terkait pulau kecil di tahun ini? Tulisan ini berupaya menjawab pertanyaan di atas dari beberapa sudut pandang berbasis pada isu isu yang dibahas.

Di tahun ini telah dilakukan dua agenda internasional yang...

Penulis : Alex Retraubun
Ilustrasi : KOMPAS/HERYUNANTO

Pembangunan Manusia

Implementasi program BangKIT telah memasuki tahun kedua sejak dimulai secara resmi pada Bulan April tahun 2023. Dalam setahun pelaksanaan program BangKIT di 70 desa dampingan yang berada di Kabupaten Seram Bagian Timur dan Sumba Barat Daya,  telah terlaksana berbagai kegiatan berdasarkan kerangka kerja program yang telah disusun. 

Mekanisme koordinasi rutin...

Penulis : Laporan dari Pertemuan Koordinasi Tahunan Program BangKIT

Andi Reski Anggraini, atau Ikky di tahun 2014 adalah seorang relawan. Ia bersama teman-temannya menyusuri perjalanan jauh yang tak mudah, untuk bisa berbagi pengetahuan sekaligus bermain bersama anak-anak di sebuah taman baca di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Sepuluh tahun yang lalu, Desa Kahayya di...

Penulis : Halia Asriyani

Kami 10 orang peserta INSPIRASI cohort 2024 akhirnya bertemu secara langsung setelah beberapa pertemuan daring untuk mengikuti Residential learning selama 10 hari pada tanggal 4-14 Juni 2024 di kota Kupang. Ada saya dari Makassar, Ikram dari Wanci, Riris dari Bulukumba, Alfian dari Bombana, Adel dari Lombok, Monica dari Larantuka, Yakob dari Kupang, Rudolf...

Penulis : Wilda Yanti Salim

Syukur adalah seorang pemuda penuh semangat dari Desa Borikamase. Ia adalah sosok dengan semangat pantang menyerah dan kegigihan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Meski lahir dan dibesarkan di lingkungan pedesaan yang sederhana, Syukur menunjukkan bahwa pendidikan bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan, tetapi semangat dan kerja keras akan membentuk...

Penulis : Syifa Ramadhani Azzahra

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Papua menghadapi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Selain persoalan literasi dan prestasi akademik siswa, dampak dari degradasi budaya dan krisis identitas siswa Papua juga semakin kuat.

Penggunaan bahasa asli Papua di kalangan siswa semakin menurun. Pemahaman terhadap adat istiadat, tradisi, dan kearifan...

Penulis : Murni Siantury , Jung-Sook Lee , Therese M. Cumming
Salah satu Mama Papua terlibat dalam pembelajaran di kelas dengan berbagi cara pembuatan Noken, tas tradisional khas Papua, kepada siswa. Murni Sianturi/The Conversation Indonesia.

Lingkungan Hidup

Pada dini hari itu di Dusun Tanjung Air Panas, Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, cuaca terasa tidak bersahabat di tengah musim paceklik. Gelombang laut cukup tinggi dan hembusan angin kencang. Namun demikian, kondisi itu tak lantas membuat para nelayan di tempat yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Ambon, Maluku, tersebut berhenti untuk mengais...

Penulis : Siaran Pers MSC
Nelayan Dusun Tanjung Air Panas, Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Asap keluar dari cerobong-cerobong beton smelter nikel dan olahan baja tiada henti dari dalam Kawasan Industri Nikel PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Kecamatan Bahadopi, Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dari kejauhan, asap mengangkasa, terbang menyatu dengan kepulan-kepulan awan terbawa hembusan angin dari timur ke barat di pertengahan...

Penulis : Riza Salman
Nelayan Morowali sulit cari ikan di perairan depat pantai kala air sudah berubah warna jadi kecoklatan. Foto: Riza Salman/ Mongabay Indonesia

Komodo adalah saudara orang Baar. Karena itu, berkomitmen melestarikan hewan endemik terancam punah ini, orang Baar sepakat mengurangi periode perburuan adat. Namun, apakah upaya kolaboratif ini akan membantu meningkatkan ekonomi warga adat Baar?

 

Perbukitan Torong Padang di semenanjung utara Pulau...

Penulis : Anastasia Ika
Komodo tak cuma terdapat di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, tapi juga ada di Pulau Flores bagian utara, tepatnya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Hewan langka ini terancam perdagangan ilegal satwa liar, industri ekstraktif, dan perubahan lingkungan dan iklim. (Dokumentasi BBKSDA NTT)

Potensi lahan di Indonesia mempunyai luas keseluruhan seluas 192 juta hektar dengan luas lahan kering seluas 144 juta hektar. Lahan-lahan tersebut seiring dengan berjalannya waktu akan mengalami perubahan-perubahan kesesuaian lingkungan. Perubahan-perubahan lingkungan ini berdampak pada perubahan-perubahan produksi dan lain sebagainya.

...
Penulis : Humas Badan Riset dan Inovasi Sosial
Sumber: mertani.co.id

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.