Lainnya

Jumlah Artikel : 39

Foto: Yovita Hamsia (52) menunjukkan motif tenun yang disebut songke di Kampung Sambi, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, NTT. (Project M/Rosis Adir)

“Lumung apa hau ali ata rona eme toe bae dedang songke?” Yovita Hamsia, 52 tahun, mengingat perkataan ibundanya puluhan tahun lalu: Apa yang membuat laki-laki menyukaimu kalau kamu tidak tahu menenun songke? 

Saat usia remaja, Yovita dan teman-teman sebayanya selalu...

Penampilan Tifa Bunji (Sumber kemlu.go.id)

Selama empat tahun terlibat di Yayasan Bursa Pengetahuan Indonesia Timur (BaKTI), saya  berkesempatan menjelajahi banyak tempat di Papua, Maluku, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Saya tak hanya menyaksikan panorama alam yang mempesona yang dikenal sebagai “surga kecil jatuh ke bumi” tetapi setiap interaksi dengan keberagaman budaya, dari upacara...

Ilustrasi elit politik saling lempar hoaks <br> Project M/Herra Frimawati)

Sebelum mulai membaca artikel ini, percayalah bahwa lanskap politik di Indonesia masih belum menemukan bentuk yang permanen. Seperti banyak diutarakan oleh para peneliti, sistem politik kita adalah sebuah eksperimen yang masih rentan dan berada dalam proses yang panjang.

Polarisasi menjadi salah satu ciri dalam tiga pemilu terakhir, dan tentunya...

Masa remaja adalah salah satu fase penting dalam kehidupan setiap individu, di mana mereka mulai membangun hubungan sosial yang lebih mendalam, termasuk pertemanan yang lebih dekat dan hubungan romantis. Meskipun remaja adalah masa yang penuh potensi untuk pertumbuhan dan pembelajaran, hubungan romantis yang dilakukan remaja dalam fase perkembangan ini...

Cucamelon yang bentuknya mirip perpaduan semangka dan timun <br> Foto: Pixabay/SoFuego/Public Domain

Masyarakat di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur [NTT], menyebut buah ini koka atau kuka. Saat matang, buahnya berwarna kuning. Rasanya seperti mentimun.

Tanaman merambat bernama cucamelon [Melothria scabra] ini, biasa ditemukan di kebun atau hutan saat musim hujan.

“Bila kulitnya masih hijau, rasanya sedikit pahit dan asam,” ujar Emanuel Diaz...

Good News from Indonesia

Sulawesi Utara memiliki histori yang unik dan mengagumkan. Selama berpuluh tahun masyarakat hidup secara tradisional. Maka tak heran, segala peralatan, termasuk persenjataan dibuat dengan tangan dan memanfaatkan benda-benda dari alam.

Sama seperti daerah lain, Sulawesi Utara juga punya senjata tradisional yang dahulu membantu para pahlawan menumpas...

Foto: Dok. Magdalene.co

Kepergian Lily Yulianti Farid membawa duka besar buat dunia literasi dan kebudayaan kita.

“Lily sudah tiada. Innalillahi wainnailaihi rajiun. Dia berangkat dengan tenang. Didampingi saya dan Fawwaz. Pukul 1 pagi hari Jumat 10 Maret 2023. Di Rumah Sakit Peter MacCallum Cancer Centre di Melbourne,” tulis Farid Ma’ruf Ibrahim, mengabarkan kepergian...

Fasilitator itu orang biasa. Ia bukan pemimpin yang dielu-elukan.  Ia seharusnya tidak terlihat.  Tapi kita percaya, orang-orang yang kita sentuh, bisa mengubah dunia. 

Kita percaya dengan membangkitkan rasa dan semangat, kita bisa menciptakan dunia yang lebih adil, setara, bahagia dan damai.  Paulo Freire memiliki istilah...

Sekelompok pemuda, pada suatu hari yang cerah, terlihat saksama berkuda. Mereka mulai memacu kuda-kuda tersebut secara perlahan, lengkap dengan mengenakan aksesoris tertentu. Tak jauh dari lokasi berkuda tersebut, sekelompok orang lainnya khidmat dan khusyuk beribadah. Seekor ayam kampung, sirih, pinang, dan pernak-pernik kebutuhan ritual dipersiapkan....

Inca Lanna sedang melantunkan syair dengan alat musik gambus kesayangannya. Foto: Nurul Fadli Gaffar

Lantunan Syair dan Petikan Gambus. Selain menghasilkan kepercayaan simbolik dalam bentuk pesan dari leluhur, interaksi bentang alam (karst, sungai, perkebunan, sawah, dan tambak) dengan masyarakat di Rammang-Rammang, juga menghasilkan suatu tradisi lisan yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat sejak dulu. Tradisi lisan ini dilantunkan dengan...

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.