Info Buku

Filsafat Semiotika

Sebagai nama bidang pengetahuan, filsafat semiotika adalah bidang pengetahuan yang ingin mengetahui segala sesuatu yang mendalam, berobjek tanda-tanda (signs). Sebagai sebuah proses, filsafat semiotika dapat dimaknai sebagai nama bagi proses berpikir yang radikal dan menyeluruh, cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya tentang tanda, baik pada proses penandaan (signifikasi) maupun pemaknaan (semiosis). Buku ini penting dibaca karena termasuk buku langka, terlebih kajiannya menitikberatkan pada pendekatan filosofis. Selain itu, buku ini menjelaskan teori semiotik yang merupakan teori kritis pasca modern.
 

Awareness in The Silence

Tidak sedikit manusia hidup tanpa kesabaran. Mereka berjalan, menapaki setiap tangga kehidupan namun tidak menjalaninya dengan kesungguhan sehingga menjadi manusia-manusia yang “sekedarnya”. Tentunya Anda tak ingin menjadi bagian dari mereka. Pilihan di tangan Anda. Buku ini sangat tepat bagi Anda yang tidak ingin menjadi manusia “sekadarnya”. Buku ini akan menjadi sahabat keheningan untuk kembali menemuk

Jurnal Perempuan: Perempuan dan Demokrasi

Artikel-artikel dalam Jurnal Perempuan edisi ini menunjukkan perlunya intervensi terhadap partai politik sebagai lembaga demokrasi elektoral agar demokrasi yang berkeadilan dan berkesetaraan gender dapat terwujud. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi gerakan perempuan konservatif yang mengusung gagasan-gagasan yang menolak agenda feminis. Untuk itu menumbuhkan kesadaran kritis sekaligus membangun kekuatan kolektif untuk memperjuangkan agenda feminis menjadi penting dalam proses konsolidasi demokrasi.

Life on the Refrigerator (Kehidupan di Pintu Kulkas)

Kehidupan di Pintu Kulkas bercerita tentang pesan-pesan di kulkas antara seorang ibu dan putri remajanya, Claire. Pesan yang dibuka dengan kehidupan yang serba bergegas, tak ada waktu untuk bicara dan bertemu, kemudian berkembang menjadi sesuatu yang sangat dalam: kesadaran bahwa cinta berarti menyediakan diri kita bagi orang yang kita cintai.
 

Sulawesi Selatan Dalam Lintasan Perspektif

Kinerja pembangunan Sulawesi Selatan satu dekade terakhir bisa menjadi contoh yang baik untuk mencermati bagaimana wawasan pengembangan wilayah dipraktikkan. Tema pembangunan yang dipilih selalu terkait dengan jargon pengembangan wilayah, namun esensi dan substansinya lebih bersifat sektoral. Untuk itu, penting mencermati politik pembangunan dan politik pemerintahan di Sulawesi Selatan. Kinerja pembangunan sejatinya terkait dengan fungsi pembangunan dan fungsi pemerintahan. 

Nuraeni dan Pemberdayaan Wanita Pesisir

Buku ini mengisahkan sosok Nuraeni, seorang perempuan yang mengambil peran dalam masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di lingkungannya dengan berbagai risiko yang mungkin akan dihadapi. Buku ini juga mengajak dan memotivasi wirausaha yang belum berkembang atau pemula untuk melihat permasalahan menjadi suatu potensi yang dapat dikembangkan di lingkungan masing-masing dan bukan menjadi penghambat dalam kemajuan berwirausaha.
 

Pusat Ekonomi Maritim Makassar dan Peranan Bank Indonesia di Sulawesi Selatan

Sejak ratusan tahun lalu wilayah Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah satu pusat ekonomi maritim nusantara. Para pedagang dari berbagai bangsa berdatangan dan berinteraksi satu sama lain hingga membentuk jaringan perdagangan maritim yang mapan. Di dalam buku ini ditampilkan dengan sangat apik bagaimana awal kemunculan Makassar hingga mampu menjelma menjadi salah satu kekuatan maritim yang kuat di nusantara.  

Merawat Bumi

Jumlah penduduk Bumi terus bertambah. Pada tahun 2050, diperkirakan Bumi akan dihuni oleh 9 miliar jiwa. Fenomena global yang dampaknya akan dirasakan oleh semua penduduk yang tinggal di planet Bumi ini adalah perubahan iklim. Upaya pencegahan dan antisipasi terhadap perubahan iklim paling tepat dilakukan oleh manusia dengan beradaptasi, dengan mengubah perilaku untuk peduli dan cinta pada lingkungan.

Seeking the Sacred Raven

Akankah 'Alala kembali ke alam liar? Seekor burung yang disucikan bagi orang Hawaii dan anggota keluarga gagak, 'Alala hari ini hanya bertahan hidup di penangkaran. Bagaimana spesies itu pernah berkembang, bagaimana ia telah hampir punah, dan bagaimana orang berjuang untuk menyelamatkannya, adalah kisah mencekam dari Seeking the Sacred Raven.
Selama bertahun-tahun, penulis Mark Jerome Walters telah melacak peran burung suci dalam budaya Hawaii dan kemalangan sedih 'Alala yang tak tergoyahkan. Menjelajah hutan hujan Hawaii yang tinggi di Mauna Loa, berbicara dengan ahli biologi, pemilik tanah, dan pejabat pemerintah, ia telah membuat kisah epik tentang peluang yang terlewatkan dan niat terbaik yang berakhir salah.

Kudeta 1 Oktober 1965 – Sebuah Studi tentang Konspirasi

Buku ini merupakan publikasi serius oleh seorang ilmuwan Cekoslowakia, Victor Miroslav Fic, yang diam-diam telah mengumpulkan bahan-bahan sejak tahun 1968, dan tertutup dalam peti hingga berdebu selama 35 tahun. Tesis yang diusungnya cukup menghentak, yang selama ini luput dari perhatian banyak pakar lain: bahwa Tragedi 1 Oktober 1965 merupakan konspirasi antara Sukarno-Aidit-Mao Tse-tung (Cina) untuk membersihkan pucuk pimpinan Angkatan Darat, namun pada akhirnya menjatuhkan Soekarno sendiri dan hancurnya PKI.

Tragedi Mei 1998 dalam Perjalanan Bangsa Disangkal!

Peristiwa Tragedi Mei 1998 merupakan pukulan yang sangat menyakitkan sekaligus pemicu yang luar biasa kuatnya bagi kaum perempuan, untuk bergerak dan berjuang demi martabat diri dan sesamanya. Semua ini dilakukan di tengah realita penyangkalan yang masih berlangsung hingga saat ini. melalui buku ini, Komnas Perempuan bermaksud untuk melengkapi ingatan kita tentang Tragedi Mei 1998 dengan menyajikan cerita kegigihan perjuangan para korban untuk bangkit dari penderitaannya.

Bohemia Where Art, Angst, Love, and Strong Coffee Meet

Buku ini, dalam tradisi agung Hemingway's A Moveable Feast, melihat dunia ide yang luar biasa yang dikenal sebagai Bohemia. Membawa pembaca ke sebuah pesta di Rive Gauche di Paris tahun 1950-an untuk bertemu William Burroughs dan Allen Ginsberg, untuk duduk di kedai kopi Tel Aviv tepat setelah Perang Enam Hari, menyeruput espresso dan berdebat politik dan tidak sengaja berhadapan dengan sekelompok aktor jalanan yang terpengaruh LSD di San Francisco pada puncak tahun 1960-an.

Between The Folds

Tekstil telah lama menjadi bagian integral dari kehidupan sosial dan kosmologi orang Sumba Timur. Dalam dekade terakhir, orang Sumba telah memasuki dunia ekonomi yang lebih besar dengan masuknya tekstil mereka ke dalam arus komoditi “seni etnik” pasar internasional yang didorong oleh perdagangan turis Indonesia. Melalui kisah-kisah individu mereka yang terlibat dalam produksi kontemporer dan perdagangan kain lokal - termasuk penganut animisme, Kristen, dan Muslim, orang Sumba, Tionghoa Indonesia, dan orang Barat, para jenius berdaya cipta, pengrajin, dan penenun yang dieksploitasi, sebuah kisah nyata muncul tentang cara kerja batin yang disebut masyarakat "tradisional" dan respon seninya yang penuh minat selama pengumpulan international bertahun-tahun.

Ekosistem Terumbu Karang

Terumbu karang adalah salah satu ekosistem penting bagi keberlanjutan kawasan pesisir dan lautan. Secara ekologi, ekosistem terumbu karang berfungsi sebagai penyangga bagi kehidupan biota pesisir dan lautan, serta sebagai pelindung pantai dari abrasi akibat terpaan arus, angin, dan gelombang. Secara ekonomi, ekosistem terumbu karang adalah salah satu kawasan dengan potensi dan produksi ekonomi yang tinggi. Buku ini memuat informasi mengenai ekosistem terumbu karang yang meliputi potensi, fungsi, produktivitas, kerusakan, dan pengelolaannya.

Tambora 1815

Novel ini melampaui batas karakter dan tugas dasarnya menggambarkan peristiwa meletusnya gunung berapi di jantung Pulau Sumbawa itu. Ia hadir dari hasil elaborasi sejarah dan kerja etnografi yang intens sehingga menjadi perpaduan antara narasi historik dengan imaji kekinian. Menggunakan perspektif post-colonial studies dalam meneropong berbagai episode di seputar letusan Tambora, penulis berhasil memberi cara pandang kritis dan membongkar berbagai siasat dan muslihat kolonialisme, terutama Inggris, dalam konfigurasi politik dan dinamika konflik kerajaan-kerajaan di nusantara dari abad ke-16 sampai abad ke-19.

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 32 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.