Estimasi Dampak Pandemi COVID-19 Pada Tingkat Kemiskinan di Indonesia
Penulis : Ridho Al Izzati
  • Ilustrasi: Ichsan Djunaed/Yayasan BaKTI
    Ilustrasi: Ichsan Djunaed/Yayasan BaKTI

Sorotan

  • Bank Dunia memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 hanya akan mencapai 2,1%. Dalam skenario terburuk, pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan bisa turun menjadi −3,5%.
  • Hasil simulasi SMERU menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan pada 2020 akan mencapai 12,4% (meningkat dari 9,2% pada September 2019). Artinya, akan ada 8,5 juta orang miskin baru.
  • •    Tingkat kemiskinan sebesar 12,4% sama dengan angka pada 2011. Dengan kata lain, jika proyeksi tersebut benar-benar terjadi, progres pemerintah dalam menurunkan tingkat kemiskinan akan kembali ke kondisi pada 2011.

Pandemi COVID-19 dan Guncangan Ekonomi
Jumlah kasus positif COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai sekitar 3,5 juta kasus dengan angka kematian 240.000 jiwa. Di Indonesia, hingga 2 Juni 2020, jumlah kasus positif mencapai 26.940 kasus dengan angka kematian 1.641 jiwa.

Pandemi COVID-19 ini tidak hanya mengakibatkan krisis kesehatan, tetapi juga berdampak pada perekonomian secara global. Dampak ekonomi pandemi COVID-19 dimulai dari adanya guncangan terhadap suplai barang dan jasa yang tersedia di pasar (supply shock). Guncangan tersebut terjadi ketika orang-orang (mayoritas pekerja) dalam rantai produksi terinfeksi virus dan kemudian sakit. Kondisi ini menyebabkan penurunan tingkat produktivitas individu ataupun perusahaan. Guncangan terhadap suplai juga didorong oleh pembatasan aktivitas fisik (physical distancing) ataupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai bagian dari upaya pengendalian penyebaran pandemi. Dua kebijakan tersebut mengakibat-kan banyak pabrik, kantor, dan pusat bisnis ditutup untuk sementara.
    Guncangan terhadap suplai pada akhirnya akan diikuti oleh guncangan terhadap permintaan konsumen (demand shock). Selama pandemi, tingkat konsumsi cenderung turun akibat berbagai kebijakan untuk menghambat penyebaran pandemi, seperti penutupan sebagian besar pusat perbelanjaan dan  pembatasan transportasi umum. Tingkat konsumsi masyarakat juga turun akibat turunnya tingkat pendapatan atau hilangnya mata pencaharian.
 
Pandemi COVID-19 dan Munculnya Orang Miskin Baru
Dampak pandemi COVID-19 pada aktivitas perekonomian diprediksi akan berlangsung cukup lama. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar masyarakat dunia akan mengalami resesi atau krisis ekonomi yang parah. Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi dunia pada 2020 akan turun hingga −3%. Resesi ini akan mendorong munculnya orang miskin baru. Hasil studi Sumner, Hoy, dan Oritz-Juarez (2020) yang mencakup 138 negara berkembang dan 26 negara berpendapatan tinggi menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 akan memunculkan sekitar 85 juta orang miskin baru.

Blog

Bagaimana dengan Indonesia? Bank Dunia (2020) memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 hanya akan mencapai 2,1%. Dalam skenario terburuk, angka proyeksi tersebut bisa turun menjadi −3,5%. Angka tersebut lebih rendah daripada pertumbuhan ekonomi pada 2019 yang hanya sebesar 5%.  Guncangan ekonomi di Indonesia juga diprediksi akan mendorong munculnya orang miskin baru.

Kami melakukan sebuah studi untuk mengestimasi dampak COVID-19 pada tingkat kemiskinan di Indonesia (Suryahadi, Al Izzati, dan Suryadarma, 2020). Simulasi tingkat kemiskinan pada 2020 dilakukan dalam beberapa skenario dengan menggunakan data Survei Sosial-Ekonomi Nasional (Susenas). Dalam simulasi tersebut kami menggunakan lima proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2020 dari beberapa lembaga dan hasil studi, yakni pertumbuhan ekonomi sebesar 4,2% (Bank Indonesia), 3,1% (Rogers, 2020), 2,1% (World Bank, 2020), 1,2% (Yusuf, 2020) dan 1% (The Economist Intelligence Unit, 2020). Semua proyeksi tersebut menunjukkan adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi pada 2020. Data BPS pun menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2020 yang hanya sebesar 2,97% (BPS, 2020).

Kami mengacu pada guncangan ekonomi yang terjadi dalam periode 2005–2006 sebagai tolok ukur dalam melakukan simulasi. Dalam periode tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat dan, pada saat yang sama, tingkat kemiskinan naik.

Hasil simulasi dampak pandemi COVID-19 pada tingkat kemiskinan di Indonesia dibagi menjadi tiga skenario berdasarkan tingkat keparahan, yaitu paling ringan, moderat, dan paling berat. Dalam skenario paling ringan, ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 4,2% dan tingkat kemiskinan akan naik dari 9,2% (angka pada September 2019) menjadi 9,7% pada akhir 2020, atau sekitar 1,3 juta lebih orang akan menjadi miskin. Dalam skenario moderat, ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 2,1% dan tingkat kemiskinan akan mencapai 11,4%, atau akan ada 6 juta orang miskin baru. Dalam skenario paling berat, ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh sebesar 1% dan tingkat kemiskinan akan naik menjadi 12,4%, atau sebanyak 8,5 juta lebih orang akan jatuh miskin.

BlogBlog


Jika tingkat kemiskinan sebesar 12,4% benar-benar terjadi, upaya untuk menurunkan-nya akan sangat sulit dilakukan. Dalam kondisi seperti itu, Pemerintah Indonesia perlu melakukan upaya yang sangat besar dan masif untuk mencapai target RPJMN 2024.

Kenaikan tingkat kemiskinan akibat pandemi COVID-19 perlu mendapatkan perhatian serius dari pengambil kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan Pemerintah Indonesia adalah memperkuat program perlindungan sosial untuk membantu masyarakat, terutama mereka yang menjadi miskin atau makin miskin akibat pandemi COVID-19 (Yumna et al., 2020).

Artikel ini bersumber dari Website SMERU Research Institute melalui tautan http://smeru.or.id/id/content/estimasi-dampak-pandemi-covid-19-pada-tingkat-kemiskinan-di-indonesia 

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.