Edisi 223 | September 2024

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Studi Women’s World Banking (WWB) menemukan bahwa norma sosial yang membatasi perempuan merupakan salah satu hambatan bagi inklusi keuangan.

Bulan April menjadi pengingat bahwa kesetaraan bagi perempuan mencakup aspek yang luas. Akses dan kontrol terhadap sumber ekonomi dan keuangan adalah jalan pembuka bagi...

Penulis : Fina Nailur Rohmah
Ilustrasi: PERIKSA DATA DECODE Mengapa Layanan Keuangan Masih Senjang bagi Perempuan. tirto.id/Fuad

Saya adalah anak pertama perempuan, cucu pertama, dan tentu adalah keponakan perempuan pertama juga. Kalau dilihat dari silsilah keluarga ayah saya yang adalah anak pertama juga. Tentu tidak mudah menjadi yang pertama dan jika kamu juga adalah “perempuan”. Seperti ada pesan tidak tertulis yang lahir bersama-sama dengan dirimu ke dunia ini untuk menjadi panutan dan contoh yang baik...

Penulis : Mariana Yunita H Opat
https://www.istockphoto.com/

Orang dengan disabilitas selama ini belum mendapat perhatian memadai, baik oleh negara maupun di dalam keluarga sendiri dan masyarakat. Tidak sedikit penyandang disabilitas yang diabaikan di dalam keluarga, seperti tidak didaftarkan dalam kartu keluarga, karena keluarga merasa malu mempunyai keluarga dengan disabilitas. Ada juga keluarga tertentu yang...

Penulis : Yunita Luhulima
Dokumentasi Program INKLUSI-BaKTI

Hanifah (25), mati-matian mencari pendonor darah untuk anaknya, Elshanum, 3 tahun. Stok darah di tempat tinggalnya, Purbalingga tak selalu ada. Jumlah pendonor turun drastis di bulan Ramadan. Hanifah juga pernah kelimpungan mencari stok darah di tengah pandemi virus corona (Covid-19) pada periode 2020-2022 lalu. “Waktu pandemi sulit untuk transfusi darah,...

Penulis : Anggita Raissa
Ilustrasi: jurno.id

Lingkungan Hidup

Pencemaran perairan di Teluk Buli, Teluk Weda dan perairan Pulau Obi di Maluku Utara, dari aktivitas industri nikel berdampak buruk bagi nelayan. Hasil tangkapan ikan nelayan yang sebelumnya melimpah di perairan pesisir dan laut di wilayah itu kini terus menurun dan jarak makin jauh.

Di Halmahera Timur,  misal...

Penulis : Rabul Sawal
Kehidupan nelayan terdampak dengan kehadiran kawasan industri nikel di Pulau Obi. Foto: Rabul Sawal/ Mongabay Indonesia

Penambangan dan operasi pabrik pengolahan bijih nikel di Maluku Utara diduga kuat menyebabkan perairan pesisir dan laut tercemar hingga mengancam biodiversitas laut. Setidaknya, tiga wilayah perairan di Maluku Utara,  yakni, Teluk Buli, Teluk Weda, dan Pulau Obi,  terindikasi terjadi pencemaran dari industri ekstraktif itu.

...
Penulis : Rabul Sawal
Kondisi air laut di Pulau Garaga, Kecamatan Obi, Halmahera Selatan yang tercemar aktivitas tambang. Foto : DKP Halmahera Selatan

“Kami orang Hongana Manyawa. Kami menjaga hutan dan gunung-gunung karena kami anggap mereka sebagai orang tua kami.”

Suku terisolasi di Indonesia yang memilih untuk tinggal di hutan hujan jauh dari orang luar dapat punah karena proyek penambangan nikel besar. Banyak dari suku tersebut telah kabur dari penambangan yang menghancurkan tanah yang menjadi...

Penulis : The Survival International
Permintaan terhadap mobil listrik mendorong kerusakan di lahan masyarakat terisolasi.   Daripada menghancurkan lebih banyak alam dan orang-orang yang melindunginya serta demi mengatasi perubahan iklim, sebaiknya kita mendukung suku terisolasi untuk melindungi hutan hujan dan hak tanah mereka. Merekalah pelindung paru-paru hijau planet ini.  "Kami, masyarakat Hongana Manyawa, tidak ingin perusahaan tambang untuk datang, karena mereka akan menghancurkan hutan kami. Kami akan melindungi hutan ini sebisa mungki

Hutan menjadi pelindung bagi warga Rano di pelosok Donggala Sulawesi Tengah. Desa yang berjarak 125 Kilometer dari Kota Palu ini dapat ditempuh dalam lima jam perjalanan dengan kecepatan normal. 

Secara administratif, Rano berada dalam wilayah Kabupaten Donggala.  Hanya saja untuk menuju Ibu Kota...

Penulis : Stevandy
Sumber: yayasansikolamambine.org

Komodo adalah saudara orang Baar. Karena itu, berkomitmen melestarikan hewan endemik terancam punah ini, orang Baar sepakat mengurangi periode perburuan adat. Namun, apakah upaya kolaboratif ini akan membantu meningkatkan ekonomi warga adat Baar?

Berkolaborasi demi Komodo

...

Penulis : Anastasia Ika
Seekor komodo muda terlihat di Pulau Ontoloe yang berada di Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau, Riung, Kabupaten Ngada. (Dokumentasi BBKSDA NTT)

Ekonomi

Komoditas rempah asli Banda itu sudah dikenal dunia sejak lama. Sekitar abad ke-5 dan ke-6, rempah, khususnya pala dan cengkeh asal Maluku, sudah diperdagangkan di pasar internasional. Bangsa-bangsa dari China, India, dan Arab berlayar ke kepulauan itu untuk mencari dan membeli rempah bernilai tinggi tersebut.

...

Penulis : Albertus Krisna
Sumber: nengbiker.com

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.