Edisi 178 | Desember 2020 - Januari 2021

Tata Kelola Pemerintahan

Sebagai salah negara yang berkomitmen penuh mendukung pelaksanaan SDGs (Sustainable Development Goals), Indonesia mendudukkan SDGs sebagai arus utama segenap pembangunan, baik di pusat maupun daerah. Komitmen ini dituangkan dalam Peraturan Presiden No 59 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) mengukur...

Penulis : Ita Ibnu
Foto: Adwit Pramono/Yayasan BaKTI

Berita utama yang dimuat Kompas (28/10/20) tentang peran Bappenas sebagai clearing house. Diungkapkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas saat memantau upaya percepatan pembangunan Provinsi Jawa Barat. Setidaknya, istilah clearing house merupakan inovasi peran yang sementara diemban Bappenas saat ini. Suatu istilah yang lazimnya digunakan oleh institusi keuangan.

Dengan istilah tersebut,...

Penulis : A.M. Sallatu
Foto: Dok. Humas Bappenas

“Gagal dalam membuat perencanaan artinya merencanakan kegagalan.”

Musa Kamudi, Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Manokwari Selatan saat tengah memberi sambutan pada kegiatan Workshop Sinergi Perencanaan di Distrik Momi Waren, Kabupaten Manokwari Selatan pada Oktober 2020 lalu.

Perencanaan memberikan pandangan bagi kampung mengenai tindakan apa yang harus dilakukan untuk...

Penulis : Halia Asriyani
Foto: LANDASAN-KOMPAK Fase II

Munculnya virus Corona telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Dilansir melalui Warldometer, terhitung 48.589.395 positif, 34.792.699 sembuh, dan 1.233.216 hingga Kamis malam (Worldometer, 05/11/2020). Virus ini menyebar dengan begitu cepat dan hal ini berdampak kepada semua sektor terutama sektor pendidikan.

Kondisi yang mencekam hadir dan membawa masyarakat...

Penulis : Latwarningrum Alfiani Yunita

Pembangunan Manusia

Jhon Bangga Papua Wenda adalah nama seorang penerima manfaat program Bangun Keluarga Dan Generasi Papua Sejahtera, atau disingkat BANGGA PAPUA untuk Kabupaten Lanny Jaya. Lanny Jaya adalah salah satu kabupaten percobaan selain Kabupaten Paniai dan Asmat. Lanny Jaya yang terletak di pegunungan tengah bagian timur sudah mencatatkan 3.354 anak penerima manfaat di tahun 2018 dan 9.192 anak...

Penulis : Jimmy Yikwa
Foto: Syaifullah/Yayasan BaKTI

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Desa Poogalampa adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Batagau, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Rata-rata mata pencaharian penduduk desa ini adalah nelayan dan petani.

Di masa pandemi ini, warga tetap berkegiatan. Mereka tetap ke laut dan ke kebun, tetap membawa pulang ikan dan juga hasil bercocok tanam untuk dikonsumsi keluarga dan dijual.  Namun seiring pandemi...

Penulis : Sumarni Arianto
Foto: Dok. Koperasi Mata Mosobu

Jalan mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia masih menemui beberapa tantangan, diantaranya dapat dilihat pada tingkat partisipasi politik dan kesempatan berkontribusi aktif dalam pembangunan yang disebabkan salah satunya karena adanya nilai-nilai patriarki dan konstruksi sosial di masyarakat.  Indeks Pembangunan Gender atau IPG di tahun 2010 sebesar 89,42 meningkat menjadi sebesar 90,99 di...

Penulis : Ita Ibnu
Foto: Website Program MAMPU

Bawa lari perempuan untuk dijadikan istri cukup dikenal dalam tradisi di Sumba.  Ini adalah jalan pintas untuk memperistri seorang perempuan idaman dengan cara menculiknya. Seorang perempuan lajang dengan beberapa rekannya pergi ke pasar atau menonton keramaian di kampungnya. Tiba-tiba segerombolan laki-laki yang tak dikenal menangkap dan membekapnya, melarikan dia dengan kuda atau kendaraan...

Penulis : Martha Hebi
Foto: Ichsan Djunaed/Yayasan BaKTI

Lingkungan Hidup

Pagi itu, kami berkendara menyusuri jalan yang mendaki dan berkelok. Tujuannya adalah sebuah desa yang berada di dataran tinggi di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Namanya Desa Labbo. Di sepanjang jalan kadang kami temui warga yang sedang menjemur kopi, yang merupakan salah satu komoditi unggulan desa itu.

Desa Labbo adalah desa yang subur dikelilingi hutan yang masih terjaga...

Penulis : Wahyu Chandra
Foto: Wahyu Chandra/Mongabai Indonesia

Lainnya

Membuat slideshow memang mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Namun, sudahkah Anda tahu cara menciptakan hasil yang keren dan berbeda dengan video lain? Cari tahu di sini!

Berdasarkan penjelasan resmi, slide show merupakan rangkaian gambar gerak yang ditujukan untuk berbagai macam keperluan. Namun sampai saat ini, slide show identik sebagai alat presentasi seperti kerja hingga...

Penulis : Riesty Wulandari
Sumber: https://static-cse.canva.com/image/20796/Presentation-Thumbnail.png

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.