5 Cara Membuat Slideshow yang Keren dan Informatif
Penulis : Riesty Wulandari
  • Sumber: https://static-cse.canva.com/image/20796/Presentation-Thumbnail.png
    Sumber: https://static-cse.canva.com/image/20796/Presentation-Thumbnail.png

Membuat slideshow memang mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja. Namun, sudahkah Anda tahu cara menciptakan hasil yang keren dan berbeda dengan video lain? Cari tahu di sini!

Berdasarkan penjelasan resmi, slide show merupakan rangkaian gambar gerak yang ditujukan untuk berbagai macam keperluan. Namun sampai saat ini, slide show identik sebagai alat presentasi seperti kerja hingga tugas sekolah.

Keseruan membuat slideshow biasanya berlangsung saat merancang tampilan visual sebebas mungkin menggunakan elemen yang ada. Baik deskripsi berupa teks, pemilihan font, dan bentuk unik lainnya, bisa Anda masukkan sesuai kebutuhan.

Proses estetika membuat slideshow memang seru, tapi Anda juga mesti memikirkan informasi, ide, atau gagasan yang ingin disampaikan di dalamnya. Kadang, kita terjebak dalam kedua hal tersebut, sehingga hasil penggarapan slide show jadi tak seimbang.

Bingung karena hari H presentasi semakin dekat? Buat Anda yang ingin membuat slideshow keren namun tetap informatif, ikuti cara ampuhnya sebagai berikut...

Cara Membuat Slideshow Keren dan Informatif

Image removed. 

Sumber: https://learn.canva.com/wp-content/uploads/2018/06/5-tips-from-canva-designers-on-creating-better-looking-designs.jpg

1. Pilih Platform Desain Paling Tepat

Kunci membuat slideshow yang keren dan informatif adalah memilih platform desain paling tepat. Ya, Anda mesti memilih satu platform yang memang mudah dioperasikan dengan sejuta fitur menarik, mulai dari pustaka foto hingga elemen unik lainnya.

Platform desain yang mendukung, biasanya dilengkapi ribuan video stok gratis, jutaan foto stok gratis, dan ratusan trek musik gratis. Ada pula rangkaian gambar premium, trek musik, serta cuplikan video menarik.

2. Libatkan Elemen Audio dan Visual Dinamis

Selain gambar, libatkan elemen  klip video, ikon, atau teks yang dinamis. Jadi, sekalipun hanya slide show, Anda dapat membuatnya lebih hidup dan menghibur para audiens.

Coba tambahkan unsur video sepanjang 30 detik pada beberapa slide. Kami merekomendasikan penggunaan klip video pendek atau gambar untuk merepresentasikan pesan secara visual.

3. Tampilkan Kata-Kata yang Menggugah

Tak hanya seputar desain, Anda juga bertugas menampilkan kata-kata yang menggugah dan mampu menarik audiens untuk bertanya serta berpendapat. Tak perlu panjang, yang penting tepat sasaran dan mampu merangkum keseluruhan maksud dalam slide show tersebut.

Pilih font yang paling sesuai dengan konteks video slide show. Jika formal, gunakan font dengan format serius. Jika lebih santai, Anda bisa mengombinasikan beberapa font asal tidak terlalu banyak. Atur pula tata letak serta besar atau kecil font dalam setiap slide.

4. Lengkapi dengan Data Visual Menarik

Jika ditujukan untuk presentasi, tak lengkap rasanya bila kita tidak melibatkan data visual seperti tabel infografik dalam sebuah slide show. Beberapa jenis yang sering dipakai, antara lain:

  • Infografik statistik
  • Infografik informasi
  • Infografik timeline
  • Infografik hierarkis
  • Infografik daftar
  • Tetap Sederhana dan Mudah Dipahami

Setelah menerapkan cara-cara di atas, saatnya kita memahami bersama bahwa produk visual yang baik adalah produk yang sederhana dan mudah dipahami. Meski mengusung aspek estetik tingkat tinggi, namun jangan lupakan cara penyampaian yang ringan dan gampang dimengerti.

Jangan biarkan produk presentasi kita terjebak dalam konsep slide yang rumit, tidak merunut, dan kurang informatif. Sisihkan space kosong agar tidak penuh di seluruh bagian. Hindari desain-desain yang tidak perlu pada gambar.

***

Itulah tadi cara membuat slideshow yang keren namun tetap informatif. Ciptakan hasil sebaik-baiknya agar mudah dinikmati oleh seluruh kalangan. Selamat mencoba!

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 2 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.