Slamet Riadi  

Slamet Riadi (Memet). Alumni magister Antropologi UGM Yogyakarta merupakan peneliti kajian antropologi ekologi dan aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Selatan.
Nurul Fadli Gaffar. fotografer lepas di Sulawesi Selatan
Tulisan ini merupakan seri liputan Rammang-rammang yang didukung oleh Mongabay Indonesia

Jumlah Artikel : 2

Inca Lanna sedang melantunkan syair dengan alat musik gambus kesayangannya. Foto: Nurul Fadli Gaffar

Lantunan Syair dan Petikan Gambus. Selain menghasilkan kepercayaan simbolik dalam bentuk pesan dari leluhur, interaksi bentang alam (karst, sungai, perkebunan, sawah, dan tambak) dengan masyarakat di Rammang-Rammang, juga menghasilkan suatu tradisi lisan yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat sejak dulu. Tradisi lisan ini dilantunkan dengan...

Bulu Ballang (Gunung Putih), sumber mata air tiga desa di Kecamatan Bontoa, termasuk kawasan Rammang-rammang. br <Foto> : Nurul Fadli Gaffar
Lingkungan Hidup | Edisi 198 | Agustus 2022

Desa Salenrang memiliki bentang alam yang indah dan mempesona dengan sajian hamparan gugusan karst dan aliran sungai yang mengantar para pengunjung ke Kampung Berua, destinasi utama di kawasan wisata Rammang-Rammang di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rammang-rammang sebagai bagian dari kawasan pegunungan Maros – Pangkep seluas 45...

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.