Dukung 9.000 Petani Kakao Capai Pendapatan Hidup Berkelanjutan pada 2030

PT Mars Symbioscience Indonesia, salah satu unit bisnis Mars Incorporated, pabrikan coklat yang telah beroperasi lebih dari 100 tahun, hari ini dengan bangga mengumumkan peluncuran program empat tahun (2022-2026), Advancing Cocoa Agroforestry Towards Income, Value, and Environmental Sustainability (ACTIVE) untuk meningkatkan penghidupan petani kakao.
Dalam program ini, Mars bekerja sama dengan beberapa organisasi terkemuka, United States Agency for International Development (USAID) dan Institute for Development Impact (I4DI), dalam upaya komprehensif yang dirancang untuk mengatasi hambatan yang umumnya dihadapi oleh petani kakao untuk mencapai pendapatan hidup layak. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempromosikan praktik agroforestri kakao sebagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, sekaligus meningkatkan mata pencaharian petani.
Mars, USAID, dan I4DI merancang program ACTIVE dengan tujuan memberi petani akses ke teknologi tepat guna, infrastruktur pasar, dan pembiayaan yang lebih baik. Program ACTIVE dirancang berdasarkan bukti yang dikumpulkan oleh Mars dan I4DI selama periode enam tahun, yang diharapkan dapat membekali petani dan keluarga mereka dengan model bisnis alternatif dan melaksanakan praktik yang menjanjikan untuk meningkatkan ketahanan terhadap iklim dan pendapatan rumah tangga.

1


“Melalui kemitraan dengan USAID dan I4DI, kami akan menguji dan mengidentifikasi pendekatan mana yang paling efektif untuk membantu petani mencapai pendapatan hidup yang berkelanjutan dan mewujudkan ekosistem kakao yang lebih beragam,” kata Fay Fay Choo, Mars Asia Cocoa Director. “Tujuan kami adalah agar dapat menggunakan pembelajaran dalam program sebagai informasi dan cetak biru yang dapat ditingkatkan ke seluruh rantai pasokan untuk perubahan sistemik yang tahan lama.”
Dalam pelaksanaannya, program ACTIVE akan dilaksanakan melalui pengembangan kapasitas

9.000 petani kakao di Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, dan di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. ACTIVE akan bekerjasama dengan para peneliti, pelaku pasar (sektor swasta), asosiasi, pemerintah daerah, pelaksana program agroforestry, dan pemangku kepentingan kunci lainnya, baik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional untuk menghasilkan dampak yang berkelanjutan.

1


Lembaga pemerintah yang akan terlibat dalam implementasi ACTIVE antara lain, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Daerah Kabupaten 
Luwu Timur, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara.

Sekilas Program ACTIVE
Mitra Kolaborasi:    USAID, I4DI
Durasi:    4 tahun
Jangkauan:    9.000 petani
Ambisi Dampak:    Ditargetkan untuk meningkatkan pendapatan petani hingga 15%
selama empat tahun dan mengurangi jumlah petani yang hidup di bawah tolok ukur pendapatan hidup layak hingga 20%.

Fokus Inovasi:

  • Memfasilitasi petani untuk dapat menerapkan sistem agroforestri yang terukur dan berbasis bukti untuk memperkuat keanekaragaman hayati dan meningkatkan produksi kakao.
  • Memfasilitasi ekosistem pertanian kakao yang lebih beragam dengan merekomendasikan tanaman jangka pendek dan jangka panjang yang tepat, membantu petani memperoleh pengetahuan dan peralatan guna mendukung diversifikasi tanaman, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah, sektor perdagangan, dan sektor swasta untuk menyediakan pasar yang menawarkan sumber pendapatan alternatif. 
  • Mendukung terwujudnya inklusi keuangan dan memberikan kemudahan akses petani ke pembiayaan digital dan solusi asuransi tanaman untuk membantu membiayai peralihan menuju ekosistem pertanian kakao yang terdiversifikasi. 
  • Mempertemukan kelompok pemerintah, industri, dan kelompok tani kunci untuk membantu menciptakan pasar dan aturan yang diperlukan untuk menyukseskan ekosistem pertanian kakao yang terdiversifikasi. 
  • Menerapkan pendekatan berbasis masyarakat untuk mendorong pertanian kakao yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan.

Tentang PT Mars Symbioscience Indonesia
PT Mars Symbioscience Indonesia adalah salah satu unit bisnis Mars, Incorporated, sebuah perusahaan global milik keluarga yang berkantor pusat di Mclean, Virginia, Amerika Serikat. Kami telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1996 dengan pendirian pabrik pengolahan kakao pertama di Kawasan Industri Makassar atau KIMA, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan Mars di Indonesia mempekerjakan sekitar 300 Rekan Kerja dengan dukungan lebih dari 200 Kontraktor. 

Selain pabrik pengolahan kakao di Makassar, kami juga memiliki dua pabrik pengolahan biji kakao, di Kelurahan Noling dan Kecamatan Wotu, masing-masing terletak di Kabupaten Luwu dan Luwu Timur yang berfungsi sebagai pusat pembelian dan tempat pengolahan biji kakao berkualitas tinggi untuk pabrik kami di Makassar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Mars, silakan mengunjungi www.mars.com. Bergabung bersama kami di Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dan YouTube.

Tentang USAID
USAID adalah badan pembangunan internasional pertama Pemerintah Amerika Serikat yang memimpin pembangunan internasional dan upaya kemanusiaan untuk melindungi penghidupan, mengurangi kemiskinan, memperkuat pemerintahan yang demokratis, dan membantu masyarakat mencapai kemandirian dan ketahanan. USAID memberikan bantuan pembangunan untuk membantu negara-negara mitra dalam perjalanan pembangunan negaranya dengan upaya untuk membantu dalam peningkatan kehidupan, pembangunan masyarakat, dan kemandirian.

Tentang I4DI
Institute for Development Impact (I4DI) adalah perusahaan konsultan penelitian, desain, dan manajemen yang berfokus pada penggunaan data yang dioptimalkan untuk mendorong keputusan strategis guna meningkatkan keberlanjutan global. I4DI bekerja sama dengan sektor publik, swasta, dan masyarakat sipil untuk memperantarai hubungan, menyusun keterangan, dan memfasilitasi kemitraan melalui tindakan guna memecahkan beberapa tantangan paling mendesak di dunia. Sebagai perusahaan terdepan dalam teknologi, I4DI diakui atas kepemimpinannya dalam keberlanjutan rantai pasokan pertanian dan penerapan teknologi inovatif yang merangsang keterlibatan masyarakat dan ekonomi sirkular.


MEDIA CONTACT:
St. Hajerah (Ms.) 
Communications Coordinator st.hajerah@effem.com
+62811-460-1688
 

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.