BaKTI’s Corner Hadir di Perpustakaan Kota Makassar
Penulis : Sumarni Arianto
  • Kabid Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Perpustakaan  didampingi Pustakawan menerima bantuan dari Direktur Eksekutif  Yayasan BaKTI <br> Foto: Dok.Perpustakaan Kota Makassar
    Kabid Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Perpustakaan didampingi Pustakawan menerima bantuan dari Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI
    Foto: Dok.Perpustakaan Kota Makassar

Siang itu di tengah kesibukan tim BaKTI mengepak barang-barang, mengemas peralatan kantor untuk dibawa ke gedung kantor baru, kami menyempatkan untuk mengadakan serah terima beberapa aset dan buku-buku perpustakaan BaKTI kepada perwakilan perpustakaan Kota Makassar.

Bertempat di kantor BaKTI pada Jumat 19 Juni 2020, sebanyak 2.259 judul, 2.361 eksemplar dan 6 aset yang terdiri dari 3 rak buku, 1 lemari buku dan                    2 information Kiosk serta buku diserahkan oleh Bapak Muhammad Yusran Laitupa selaku Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI kepada Kepala Bidang Pengembangan Koleksi dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Makassar,  Ibu Indra Artati.

Serah terima ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan BaKTI untuk peningkatan layanan perpustakaan Kota Makassar yang berlokasi di                   Jl. Lamadukelleng ini. Harapannya melalui bantuan ini dapat mendukung kelancaran kegiatan Perpustakaan Kota khususnya terkait pertukaran ilmu pengetahuan sebagaimana juga yang menjadi marwah BaKTI.

Mulai bulan Juli 2020 Kantor BaKTI yang sebelumnya berlokasi di Jl. Mappanyuki No. 32 akan pindah ke kantor baru yang berjarak kurang lebih 1 km ke arah selatan kota tepatnya di Jl. Dg. Ngeppe No. 10/1. Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Dengan berat hati disampaikan bahwa di kantor baru ini nantinya, perpustakaan BaKTI tidak dapat lagi memberikan layanan seperti sebelumnya dikarenakan keterbatasan ruang.

Olehnya dengan diserahkannya bantuan buku-buku kepada Perpustakaan Kota Makassar, Sahabat BaKTI yang selama ini mengakses buku dan publikasi di BaKTI tidak khawatir jika perlu mencari bahan referensi untuk penelitian atau kajian, karena di Perpustkaan Kota Makassar akan tersedia          BaKTI’s Corner. BaKTI’s Corner ini akan menyediakan layanan buku, jurnal, publikasi serta koneksi internet sama dengan di perpustakaan BaKTI sebelumnya. 

Buku dan rak dari perpustakaan Yayasan BaKTI ini rencana akan ditempatkan di lantai II dengan space tersendiri. Harapannya agar pengunjung yang ingin mendapatkan buku yang bersumber dari perpustakaan Yayasan BaKTI dapat langsung ke tempat yang disediakan.

“Jadi Perpustakaan Kota Makassar akan diperkuat dengan fungsi penelitian dan praktik cerdas karena buku-buku BaKTI berisi literatur untuk mendukung penelitian dan inovasi baik bagi mahasiswa, komunitas maupun masyarakat umum,”ujar M. Yusran Laitupa. 

”Harapannya agar para peneliti baik mahasiswa, komunitas maupun masyarakat yang ingin mendapatkan buku yang bersumber dari perpustakaan Yayasan BaKTI dapat langsung ke tempat yang disediakan,” kata Indra Artati.

Jika Sahabat BaKTI ingin mengakses buku, jurnal dan publikasi perpustakaan BaKTI dapat mengunjungi Perpustakaan Kota Makassar yang berlokasi di Jl. Lamadukelleng No. 03 lantai 2.

Kami percaya bahwa kerja-kerja pertukaran pengetahuan tidak terbatas pada ruang dan waktu. Perpustakaan buku secara fisik tak lagi dikelola oleh BaKTI, namun BaKTI percaya ada semangat dan energi yang terus bertumbuh untuk terus mengelola perpustakaan dalam bentuk penyediaan informasi, pengetahuan dan pembelajaran yang dapat diakses setiap saat melalui berbagai platform media yang dikelola oleh Yayasan BaKTI. 

Terimakasih kami sampaikan kepada Sahabat BaKTI dan para donator buku yang selama ini turut berkontribusi menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari kegiatan pertukaran pengetahuan melalui perpustakaan BaKTI. 

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 32 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.