Kelas Pintas PCMI 2019 Vol 1: Complex Problem Solving with Design Thinking
:

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sulsel menggelar Kelas Pintas PCMI, program kelas singkat yang diadakan sebulan sekali selama satu tahun dan kali ini mengangkat tema Skills Needed in 2020. PCMI adalah sebuah organisasi kepemudaan yang didirikan tahun 1977 oleh para alumni program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia. Kelas ini bertujuan untuk memberikan keahlian (soft skills) kepada pemuda-pemuda Indonesia, khususnya di Makassar agar mampu bersaing di dunia kerja nantinya. Kurikulum Kelas Pintas PCMI ini didesain dari beberapa penelitian yang telah mengungkapkan 8 soft skill yang dibutuhkan oleh setiap orang di tahun 2020 agar mampu bersaing dan bertahan dalam banyak hal.  Untuk kelas perdana yang diadakan di Kantor BaKTI, topik yang diberikan kepada 23 peserta workshop terdiri dari mahasiswa dan profesional adalah Complex Problem Solving with Design Thinking yang mencakup framework dan tahapan dalam menyelesaikan masalah secara sistematis. Dengan metode Design Thinking, diharapkan peserta mampu berpikir sistematis dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dalam hal apa pun. Metode ini juga mampu membantu peserta dalam membuat sebuah penelitian dan proyek sosial yang sudah banyak dilakukan oleh pemuda Makassar.  Kelas ini difasilitasi oleh Sidik Permana yang merupakan alumni program pertukaran mahasiswa ASEAN-India yang mewakili Sulawesi Selatan pada tahun 2018 lalu. Selain belajar teori, semua peserta mendapatkan kesempatan untuk berlatih dalam memecahkan masalah dan mempresentasikan ide mereka di hadapan peserta lainnya. Kelas ini akan kembali diadakan di bulan Februari dengan tema Creativity.

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.