Inspirasi BaKTI “Shelter Warga – Perlindungan Perempuan dan Anak di Masyarakat”
:

Sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret, Yayasan BaKTI Makassar menggelar Diskusi Inspirasi BaKTI dengan mengangkat tema ”Shelter Warga”.  Shelter warga adalah insiatif cerdas dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar dalam upaya penanganan kasus perempuan dan anak korban kekerasan yang berbasis RT/RW secara partisipatif di Kota Makassar. Shelter warga pertama kali dikembangkan di Kota Makassar tahun 2016 di enam kelurahan dan terus diadopsi hingga akhir tahun 2019 diharapkan seluruh kelurahan di Kota Makassar telah memiliki Shelter warga.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, Ibu Tenri A. Palallo dan Ketua Shelter warga Kelurahan Manggala, Bapak Sabir. Dalam presentasinya Ibu Tenri mengungkapkan bahwa kehadiran shelter warga sudah banyak menyelesaikan persoalan kekerasan terhadap perempuan dan anak di masyarakat. Tidak hanya itu, persoalan sosial lain juga ikut diselesaikan misalnya kasus pencurian dan penyebaran berita hoax. Shelter Warga awal didirikan tanpa modal, warga yang mempunyai misi yang sama dalam mengendalikan kekerasan terhadap perempuan di lingkunganya kemudian dilibatkan. Sebagai bentuk tanggung jawab, DP3A Kota Makassar mengalokasikan dana operasional sebesar 600 ribu per bulan kepada shelter-shelter yang aktif. Pemerintah juga membentuk social security yang diatur dalam Peraturan Walikota Makassar dimana RT/RW akan mendapatkan insentif senilai 1 juta rupiah apabila kelurahannya bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kegiatan ini dihadiri oleh 73 orang berasal dari kalangan pemerintah daerah, LSM, media, akademisi, dan masyarakat umum.

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.