Sekarang Kitong Su Punya Muara Informasi tentang BANGGA Papua
  • Sumber:. https://info.bangga.papua.go.id/
    Sumber:. https://info.bangga.papua.go.id/

Program BANGGA Papua yang telah berjalan dua tahun, di tiga kabupaten uji coba, memiliki sejumlah informasi tentang berbagai aspek program, dalam berbagai bentuk. Sebutlah sebuah kegiatan, maka ada beberapa jenis informasi yang terhimpun dari kegiatan itu saja. Misalnya, pelaksanaan pelatihan komunikasi persuasif di Lanny Jaya, tersimpan dalam berbagai bentuk rekaman peristiwa: artikel, foto dan tentu saja pelaporan. Itu jejak perekaman informasi standar. Di luar tiga hal standar tersebut, ada materi sosialisasi, ada juga video yang diproduksi dengan tujuan mempromosikan BANGGA Papua kepada khalayak ramai.

Di sepanjang tahun 2018 hingga 2020, telah berlangsung 22 aktivitas yang melibatkan 314 peserta terkait dengan  peningkatan keterampilan komunikasi.  Ada komponen pelatihan untuk memperkuat manajemen organisasi seperti pelatihan monitoring dan evaluasi. Ada pelatihan untuk pengelolaan data penerima manfaat, sehingga kabupaten dapat mengoperasikan sistem informasi yang dibangun untuk BANGGA Papua.  Dalam perjalanan dua tahun program itu, juga ada sejumlah rapat koordinasi, yang pelaporannya dapat menggambarkan proses dinamis BANGGA Papua, sebagai sebuah organisasi kerja lintas sektoral OPD di Provinsi Papua, maupun di kabupaten uji coba. Sungguh sebuah galeri informasi yang terserak, beragam dan berharga, untuk menjadi pembelajaran bukan hanya untuk provinsi Papua, tapi bagi semua.

Rintisan website BANGGA Papua sebagai kanal informasi dimulai sejak akhir 2019 lewat sebuah website dummy. Rintisan ini kemudian ditindaklanjuti lewat sebuah pertemuan bersama Dinas Kominfo Provinsi Papua pada tanggal 2 April 2020. Dari pertemuan ini disepakati beberapa aspek teknis yang kemudian jadi landasan untuk membangun sebuah website informasi yang beralamat di bawah website pemerintah Papua, tepatnya di: https://info.bangga.papua.go.id. Proses pembuatan website ini melalui sebuah proses konsultasi dengan Sekber Provinsi Papua dan mitra pembangunan lain seperti KOMPAK, MAHKOTA dan UNICEF, lewat beberapa pertemuan dan koordinasi secara daring.

Website tersebut kemudian secara resmi diperkenalkan kepada semua pemangku kepentingan dalam program BANGGA Papua pada tanggal 11 Juni 2020.

Pada kesempatan peluncuran Website BANGGA Papua yang dipimpin oleh Ketua Sekber Provinsi BANGGA Papua, Andri Damir, hadir secara daring anggota Sekber Provinsi dan Koordinator Wilayah kabupaten (korwil): perwakilan Sekber BANGGA Papua Kabupaten Paniai, Asmat serta Lanny Jaya, dan juga perwakilan dari mitra pembangunan KOMPAK dan MAHKOTA serta Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia.

Arti Penting Website BANGGA Papua
Pentingnya kehadiran website BANGGA Papua bagi program adalah karena website ini merupakan rujukan resmi berbagai informasi terkait BANGGA Papua. Di dalamnya terekam kegiatan-kegiatan BANGGA Papua beserta hasil dari kegiatan itu. Dari rekaman berbagai kegiatan ini, dapat dilihat bagaimana BANGGA Papua bergulir dari sebuah gagasan menjadi program inisiatif perlindungan sosial Pemerintah Provinsi Papua, dengan dana Otonomi Khusus sebagai sumber pendanaan.

Website ini juga menjadi tempat menyimpan pembelajaran tentang praktik baik BANGGA Papua. Apa saja yang telah dilakukan dan siapa yang telah terlibat. Meskipun pembelajaran praktik baik ini terkumpul dari tiga kabupaten uji coba, informasi praktik baik ini disadari seharusnya menjadi sesuatu yang tersedia bagi semua. Tidak hanya tersedia, tapi dapat dipertukarkan di antara Sekretariat Bersama (Sekber) BANGGA Papua kabupaten uji coba. Apa yang menjadi tantangan dan bagaimana tantangan itu diatasi oleh salah satu kabupaten, dapat menjadi informasi dan strategi bagi kabupaten lain. Sebagai inisiator program, seluruh informasi ini pun menjadi bagian dari galeri informasi Sekber BANGGA Papua provinsi yang dapat disampaikan dan dipertukarkan dengan pihak-pihak lain, baik kepada kabupaten dan provinsi lainnya, maupun kepada pemerintah pusat.  Menjadi wadah pertukaran informasi adalah arti penting lain dari kehadiran website BANGGA Papua.

Di atas, disebut arti penting website BANGGA Papua. Pertama sebagai rujukan resmi program. Kedua, tempat mengamati perkembangan dan menandai pencapaian program. Ketiga, tempat mempelajari praktik baik program. Keempat, menjadi wadah pertukaran informasi.  Selain ke empat hal tersebut, signifikansi kehadiran website BANGGA Papua yang lain adalah menjadi tempat merujuk penanganan hoaks.

“Kita berharap website ini bukan hanya sebagai tempat berbagai informasi, tapi juga bisa jadi rujukan untuk menangkal hoaks,” kata Merlyn Hamadi, Sekretaris Sekber Provinsi BANGGA Papua dalam kesempatan pelatihan website BANGGA Papua, yang dilakukan secara daring tanggal 7 Juli 2020.

Hoaks adalah hal yang tidak terhindari sejak awal implementasi BANGGA Papua. Kenapa demikian? Karena Program ini memiliki keunikan, ketidaklaziman sebagai program “perlindungan sosial” yang sedang berjalan di kabupaten kota Provinsi Papua, bahkan untuk Indonesia. Keunikan itu antara lain, NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai syarat utama untuk menjadi penerima manfaat serta mekanisme transfer dana ke rekening Bank Papua atas nama ibu/wali yang sah. Kedua hal ini membuat kebiasaan penerimaan dana oleh kepala kampung atau kepala keluarga (baca: laki-laki) misalnya, tidak berlaku.

Beberapa kasus munculnya berita dan cerita hoaks tentang BANGGA Papua sudah terjadi di lapangan. Beberapa berita yang salah bahkan sudah mulai terasa mengganggu pelaksanaan program BANGGA Papua, minimal dari sisi psikologis. Beruntung karena Sekber BANGGA Papua di tingkat kabupaten berhasil menangani hoaks tersebut dengan baik. Selanjutnya, kehadiran website BANGGA Papua ini diharapkan bisa menjadi rujukan untuk menangkal hoaks atau misinformasi yang mungkin beredar.

Tujuan menjadi wadah informasi ini, tentu saja berarti apa yang termuat di dalam website ini, dapat diakses dan diambil manfaatnya oleh pihak di luar Sekber. Website ini, adalah “muara informasi” tentang Program BANGGA Papua yang tersedia bagi semua. Ke dalam muara informasi ini, perlu diperhitungan ragam pengetahuan yang bersumber dari keunikan konteks lokal masing-masing kabupaten ketika mengimplementasikan BANGGA Papua.

Bukan saja “muara informasi”, Website BANGGA Papua juga jadi alat bukti, bentuk lain akuntabilitas sosial program kepada masyarakat Papua, baik bagi yang telah menjadi penerima manfaat maupun yang belum.


Rancangan Mekanisme Pemutakhiran
Dalam rancangan kegunaan sebagai rujukan resmi informasi tentang BANGGA Papua, wadah pertukaran informasi dan merekam rantai perkembangan kegiatan serta pencapaian, website ini dipersiapkan untuk menjadi catatan berkelanjutan program yang pemuktahiran informasinya, bersumber terutama dari kabupaten. Pemikiran ini menghasilkan pembagian teknis suplai informasi akan diisi oleh kontributor dan editor dari Sekber Kabupaten dengan kendali admin pada Sekber Provinsi.  Tetap tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga peran kontibutor dan editor di Sekber Provinsi. 

Dengan rancangan pemutakhiran ini, maka keberlajutan website akan menjadi peran yang harus dimainkan oleh Sekber Kabupaten dan Sekber Provinsi bersama-sama.

BANGGA Papua perlu waktu tunggu untuk melihat dampaknya.  Benih pengetahuan bagi keluarga dan bantuan untuk kesehatan dan gizi anak Papua membutuhkan waktu 20 tahun untuk dapat dilihat sebagai ladang yang siap dipanen dan dinikmati. Perlu waktu untuk generasi emas Papua terwujud.  Berapa lama pun waktu itu, website ini sejak peluncurannya adalah sebuah muara asal yang merekam perjalanan, pembelajaran dan manfaat yang diberikan BANGGA Papua kepada Papua. Muara di mana anak-anak yang hari ini berusia 4 tahun ke bawah, kita saksikan berlayar ke masa depan.

“Website Ini adalah bagian dari sosialisasi. Kita membagikan apa yang telah kita hasilkan ke publik. Ini adalah bagian dari tanggung jawab kita bersama untuk membagikan pengetahuan yang kita miliki. Walaupun dengan keterbatasan karena pandemi COVID-19, kita masih bisa melakukan langkah-langkah besar untuk program yang kontekstual Papua,” kata Andri Damir, Ketua Sekber Provinsi BANGGA Papua dalam sambutannya saat pelatihan website BANGGA Papua, 7 Juli 2020.

Bayangkan masa depan dengan generasi emas dan bagaimana rekam ragam cerita baik pelaksanaan BANGGA Papua yang sedang dikerjakan saat ini, mewarnai  masa  depan  itu.

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 32 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.