Sophie Chao

Postdoctoral Research Associate in History, University of Sydney

Jumlah Artikel : 2

Suku Marind di Papua menganggap hutan dan tumbuhan serta hewannya sebagai kerabat. Namun, hubungan multispesial yang dihargai secara budaya ini sedang terganggu oleh proyek pengembangan kelapa sawit. <br> Foto: Sophie Chao, Author provided (no reuse)

Sudah tiga malam Rosalina (nama samaran), seorang perempuan suku Marind di Papua, bermimpi ‘dimakan oleh kelapa sawit’. Ia telah mengalami mimpi buruk berulang kali dan melihat duri tajam kelapa sawit berubah menjadi bayonet, sementara buahnya yang keras dan bundar berubah menjadi peluru.

Dalam mimpinya, Rosalina mendengar bunyi tembakan sebelum...

Sumber: The Conversation

Bulan Desember 2020, pemerintah Indonesia sempat diberitakan menawarkan Pulau Biak, provinsi Papua, sebagai landasan peluncuran roket ke planet Mars, kepada Elon Musk, seorang miliuner asal AS dan pendiri perusahaan SpaceX.

SpaceX adalah sebuah perusahaan antariksa dengan teknologi paling mutakhir yang dibangun oleh Elon Musk pada tahun 2002....

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.