Info Buku

Jurnal Perempuan: Agensi Perempuan dan Perubahan

Membangun kepedulian terhadap isu dan pemenuhan hak anak berbasis komunitas dilakukan dengan melibatkan semua orang dewasa di desa dan perangkat desa dalam forum-forum dialog. Upaya ini dilakukan agar dapat menghapus diskriminasi dan stigma terhadap mereka. Jurnal Perempuan edisi ini memaparkan beberapa penelitian terkait peranan perempuan dalam pilihan dan pengambilan keputusan di pedesaan.

Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

Statistik dan Ekonomi Keuangan Daerah (SEKDA) adalah publikasi statistik Bank Indonesia yang berisi data ekonomi, keuangan, dan perbankan dalam lingkup Provinsi. Tujuannya adalah untuk membantu pengguna untuk memahami perkembangan ekonomi, keuangan dan perbankan di Sulawesi Selatan. Selain itu, disajikan juga data Kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Principles of Environmental Engineering and Science

Buku yang membahas tentang Prinsip-prinsip Teknik dan Ilmu Lingkungan adalah buku dan menekankan pada panduan-panduan dalam pengambilan keputusan dalam rekayasa lingkungan. Buku ini dilengkapi dengan definisi dan deskripsi lengkap serta beberapa ilustrasi yang dapat memudahkan pemakainya untuk lebih memahami konsep yang ditawarkan.

Suster Apung

Novel yang bercerita tentang Rabiah, seorang suster yang lahir pedalaman hutan Gunung Bulusaraung, Sulawesi Selatan dan terpanggil menjadi seorang perawat di pulau-pulau terpencil di Flores. Petualangan Rabiah sebagai perawat diawali masa – masa sulit, dari soal kapal karam berhari-hari di tengah laut, tersesat di tengah laut karena cuaca buruk, menangani ibu-ibu yang akan melahirkan dengan akses dan perlengkapan yang sangat terbatas.

Filsafat Semiotika

Sebagai nama bidang pengetahuan, filsafat semiotika adalah bidang pengetahuan yang ingin mengetahui segala sesuatu yang mendalam, berobjek tanda-tanda (signs). Sebagai sebuah proses, filsafat semiotika dapat dimaknai sebagai nama bagi proses berpikir yang radikal dan menyeluruh, cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya tentang tanda, baik pada proses penandaan (signifikasi) maupun pemaknaan (semiosis). Buku ini penting dibaca karena termasuk buku langka, terlebih kajiannya menitikberatkan pada pendekatan filosofis. Selain itu, buku ini menjelaskan teori semiotik yang merupakan teori kritis pasca modern.
 

Awareness in The Silence

Tidak sedikit manusia hidup tanpa kesabaran. Mereka berjalan, menapaki setiap tangga kehidupan namun tidak menjalaninya dengan kesungguhan sehingga menjadi manusia-manusia yang “sekedarnya”. Tentunya Anda tak ingin menjadi bagian dari mereka. Pilihan di tangan Anda. Buku ini sangat tepat bagi Anda yang tidak ingin menjadi manusia “sekadarnya”. Buku ini akan menjadi sahabat keheningan untuk kembali menemuk

Jurnal Perempuan: Perempuan dan Demokrasi

Artikel-artikel dalam Jurnal Perempuan edisi ini menunjukkan perlunya intervensi terhadap partai politik sebagai lembaga demokrasi elektoral agar demokrasi yang berkeadilan dan berkesetaraan gender dapat terwujud. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi gerakan perempuan konservatif yang mengusung gagasan-gagasan yang menolak agenda feminis. Untuk itu menumbuhkan kesadaran kritis sekaligus membangun kekuatan kolektif untuk memperjuangkan agenda feminis menjadi penting dalam proses konsolidasi demokrasi.

Life on the Refrigerator (Kehidupan di Pintu Kulkas)

Kehidupan di Pintu Kulkas bercerita tentang pesan-pesan di kulkas antara seorang ibu dan putri remajanya, Claire. Pesan yang dibuka dengan kehidupan yang serba bergegas, tak ada waktu untuk bicara dan bertemu, kemudian berkembang menjadi sesuatu yang sangat dalam: kesadaran bahwa cinta berarti menyediakan diri kita bagi orang yang kita cintai.
 

Sulawesi Selatan Dalam Lintasan Perspektif

Kinerja pembangunan Sulawesi Selatan satu dekade terakhir bisa menjadi contoh yang baik untuk mencermati bagaimana wawasan pengembangan wilayah dipraktikkan. Tema pembangunan yang dipilih selalu terkait dengan jargon pengembangan wilayah, namun esensi dan substansinya lebih bersifat sektoral. Untuk itu, penting mencermati politik pembangunan dan politik pemerintahan di Sulawesi Selatan. Kinerja pembangunan sejatinya terkait dengan fungsi pembangunan dan fungsi pemerintahan. 

Nuraeni dan Pemberdayaan Wanita Pesisir

Buku ini mengisahkan sosok Nuraeni, seorang perempuan yang mengambil peran dalam masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di lingkungannya dengan berbagai risiko yang mungkin akan dihadapi. Buku ini juga mengajak dan memotivasi wirausaha yang belum berkembang atau pemula untuk melihat permasalahan menjadi suatu potensi yang dapat dikembangkan di lingkungan masing-masing dan bukan menjadi penghambat dalam kemajuan berwirausaha.
 

Pusat Ekonomi Maritim Makassar dan Peranan Bank Indonesia di Sulawesi Selatan

Sejak ratusan tahun lalu wilayah Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah satu pusat ekonomi maritim nusantara. Para pedagang dari berbagai bangsa berdatangan dan berinteraksi satu sama lain hingga membentuk jaringan perdagangan maritim yang mapan. Di dalam buku ini ditampilkan dengan sangat apik bagaimana awal kemunculan Makassar hingga mampu menjelma menjadi salah satu kekuatan maritim yang kuat di nusantara.  

Merawat Bumi

Jumlah penduduk Bumi terus bertambah. Pada tahun 2050, diperkirakan Bumi akan dihuni oleh 9 miliar jiwa. Fenomena global yang dampaknya akan dirasakan oleh semua penduduk yang tinggal di planet Bumi ini adalah perubahan iklim. Upaya pencegahan dan antisipasi terhadap perubahan iklim paling tepat dilakukan oleh manusia dengan beradaptasi, dengan mengubah perilaku untuk peduli dan cinta pada lingkungan.

Seeking the Sacred Raven

Akankah 'Alala kembali ke alam liar? Seekor burung yang disucikan bagi orang Hawaii dan anggota keluarga gagak, 'Alala hari ini hanya bertahan hidup di penangkaran. Bagaimana spesies itu pernah berkembang, bagaimana ia telah hampir punah, dan bagaimana orang berjuang untuk menyelamatkannya, adalah kisah mencekam dari Seeking the Sacred Raven.
Selama bertahun-tahun, penulis Mark Jerome Walters telah melacak peran burung suci dalam budaya Hawaii dan kemalangan sedih 'Alala yang tak tergoyahkan. Menjelajah hutan hujan Hawaii yang tinggi di Mauna Loa, berbicara dengan ahli biologi, pemilik tanah, dan pejabat pemerintah, ia telah membuat kisah epik tentang peluang yang terlewatkan dan niat terbaik yang berakhir salah.

Kudeta 1 Oktober 1965 – Sebuah Studi tentang Konspirasi

Buku ini merupakan publikasi serius oleh seorang ilmuwan Cekoslowakia, Victor Miroslav Fic, yang diam-diam telah mengumpulkan bahan-bahan sejak tahun 1968, dan tertutup dalam peti hingga berdebu selama 35 tahun. Tesis yang diusungnya cukup menghentak, yang selama ini luput dari perhatian banyak pakar lain: bahwa Tragedi 1 Oktober 1965 merupakan konspirasi antara Sukarno-Aidit-Mao Tse-tung (Cina) untuk membersihkan pucuk pimpinan Angkatan Darat, namun pada akhirnya menjatuhkan Soekarno sendiri dan hancurnya PKI.

Tragedi Mei 1998 dalam Perjalanan Bangsa Disangkal!

Peristiwa Tragedi Mei 1998 merupakan pukulan yang sangat menyakitkan sekaligus pemicu yang luar biasa kuatnya bagi kaum perempuan, untuk bergerak dan berjuang demi martabat diri dan sesamanya. Semua ini dilakukan di tengah realita penyangkalan yang masih berlangsung hingga saat ini. melalui buku ini, Komnas Perempuan bermaksud untuk melengkapi ingatan kita tentang Tragedi Mei 1998 dengan menyajikan cerita kegigihan perjuangan para korban untuk bangkit dari penderitaannya.

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 24 MB.
Jenis yang diizinkan: txt, rtf, pdf, doc, docx, odt, ppt, pptx, odp, xls, xlsx, ods.