Info Buku

Media Sosial dan Demokrasi

Tulisan ini mengkaji bagaimana sesungguhnya media sosial bermakna bagi aktivis gerakan. Penelitian dalam buku ini tidak berbicara mengenai peran media sosial sebagai saluran komunikasi di antara aktifis. Sebaliknya, media sosial justru dipandang sebagai salah satu strategi gerakan untuk mencapai tuntutannya. Lebih jauh, buku ini juga menjawab bagaimana proses transformasi aktifis media sosial menjadi gerakan nyata di Indonesia. Contoh kasus dalam buku ini adalah gerakan Bali Tolak Reformasi Teluk Benoa karena gerakan ini menjadi Gerakan Sosial Baru yang menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi gerakan sekaligus mampu meneruskan tuntutannya melalui gerakan nyata.

 

Pasang Surut Populisme: Satu Dekade Populisme Basyir Ahmad di Pekalongan

Dalam dua dekade terakhir, telah terjadi peningkatan minat dalam potensi pengumpulan hasil hutan bukan kayu skala kecil dan pemanfaatan hutan dampak ringan lainnya untuk mencapai konservasi hutan. Para ahli menyarankan bahwa pemanfataan semacam itu tidak menjamin konservasi dan pendapatan ekonomi. Buku ini mendokumentasikan dan membandingkan metode-metode yang digunakan untuk menilai pilihan dalam mata pencaharian berbasis hutan. Enam belas penulis menyajikan kekuatan dan kelemahan dari berbagai metode yang telah digunakan di lapangan.

 

Jagad Maritim

Pada awalnya adalah sederhana. Tiga komunitas maritim di Sulawesi Selatan, pembuat perahu, penangkap ikan, penghuni pantai wisata, memulai hidupnya dengan tatanan pra-kapitalis, sederhana dalam struktur dan tidak rasional secara kultur. Darmawan Salman lewat buku ini memapar bagaimana serbuan investasi, teknologi, dan manajemen mendorong perubahan di tiga komunitas ini. Bagaimana dua proses modernisasi utama: diferensiasi sosial pada aras struktural dan rasionalisasi tindakan pada poros kultural, kemudian ikut bergerak.

 

Hard Optimism

Price Pritchett, salah satu pemikir budaya perusahaan dan perubahan organisasi paling terkenal di dunia, mempersembahkan sebuah program terobosan untuk mengembangkan praktik mental positif yang tidak hanya meningkatkan kinerja anda di kantor, tapi juga meningkatkan kualitas dari setiap hal dalam hidup anda. Memanfaatkan penelitian dari bidang yang berpengaruh dalam psikologi positif, Prichett memperlihatkan anda bagaimana mengadopsi hard optimism,  pola pikir maju yang menggabungkan ketahanan, energi, inovasi dan harapan..

 

Politik Relawan di Indonesia

Kehadiran komunitas relawan banyak dilihat sebagai bentuk kesadaran politik dari kelas menengah di Indonesia, terutama sebagai ekspresi gerakan sosial-politik yang banyak muncul sejak memasuki era tahun 2010 ke atas hingga saat ini. kehadiran komunitas-komunitas relawan secara tidak langsung menjadi perubah wajah perpolitikan, terutama menjadi warna baru bagi kajian ilmu politik di Indonesia.

Demokrasi Dalam Genggaman Para Pemburu Rente

Kajian-kajian tentang persoalan demokrasi di Indonesia pascareformasi banyak memfokuskan diri pada isu-isu, seperti bosisme, disintegrasi, politik identitas, kekerasan komunal, kekuatan tradisional, dan berkembangnya institusi demokrasi liberal. Sementara itu, beberapa peneliti masih memandang perlu untuk melihat sejauh mana kekuatan-kekuatan politik yang berakar pada Orde Baru masih berpengaruh. Buku ini menyajikan wawasan baru bagi para pembaca yang tengah mempelajari kecenderungan demokrasi di Indonesia, mereka yang tengah memikirkan jalan keluar dari beragam persoalan demokrasi, serta yang memiliki perhatian terhadap meluasnya praktik korupsi dan perburuan rente di negera ini.

Apa Pilihanmu: Pengendalian Diri atau Pengendalian Negara?

Pengendalian diri atau kendali oleh negara? Menggabungkan bersama studi kasus dan pemikiran ilmiah, sejarah, dan filsafat dan menjadikannya sebuah buku saku bagi orang-orang merdeka yang menginginkan kehidupan masyarakat yang bebas, damai, saling bekerja sama, sejahtera dan adil. Buku ini bersifat teoritis dan praktis. Isinya dapat membantu pembaca mencapai hidup yang lebih bahagia, menjadi orang yang lebih baik dan menikmati keuntungan dari kebebasan dan tanggung jawab.

Negara Etnik (Beberapa Gagasan Pemberdayaan Suku Dayak)

Negara Etnik dari JJ Kusni ini hadir merespon persoalan otonomi daerah dan persoalan kedaerahan pada umumnya dari perspektif tersendiri. Buku ini bernuansa politis secara kental, melengkapi euforia reformasi yang hingga kini masih menggema. “Orang Dayak hidup dalam suatu masyarakat yang ‘raja boleh membakar rumah, penduduk tak boleh menyalakan api’. Hampalit yang dulu hutannya tak tertembus matahari, sekarang berubah menjadi padang pasir sejauh mata memandang. Kita teringat akan ramalan beberapa penulis Barat, bahwa suatu ketika orang Dayak akan punah...”
Terimakasih atas donasi buku dari Universitas Gadjah Mada. Buku-buku tersebut diatas dapat dibaca di Perpustakaan BaKTI. Jika anda memiliki buku atau publikasi lainnya yang ingin dipublikasikan sila hubungi kami di BaKTI.

Melawat ke Timur, Menyusuri Semenanjung Raja-Raja

Kawasan Timur Indonesia mendapat banyak stereotip. Umumnya dianggap sebagai non-Islam. Padahal di kawasan itu, Islam tumbuh dan berkembang dengan segala kekhasannya. Juga jika merunut ke belakang, ada empat Kerajaan Islam besar yakni Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo. Melalui lawatan ke daerah-daerah yang mempunyai ikatan dengan Islam di Maluku dan Papua, Kardono Setyorakhmadi mendapati keberadaan Islam yang kuat. Di sana pula, ia menyaksikan tumbuh subur rasa saling menghargai, toleransi, dan belas kasih di antara pemeluk agama satu dan lainnya.

Politik Indonesia, Transisi Menuju Demokrasi

Demokrasi dan masyarakat madani merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Masyarakat madani adalah masyarakat yang mandiri dan mampu mengisi ruang publik yang tersedia antara rakyat dengan negara, sehingga dengan demikian masyarakat akan menjadi bumper kekuasaan negara, negara tidak menentukan sendiri segala sesuatu yang menyangkut penyelenggaraan negara. Lalu bagaimana dengan sistem demokrasi di Indonesia dan model demokrasi seperti apa yang harus diterapkan? Buku ini akan membahasnya secara lengkap.

Jalan Panjang Kepemimpinan Feminis LSM Perempuan di Sumatera

PERMAMPU merupakan gabungan delapan organisasi masyarakat sipil yang terdapat di Sumatera. Hadir di 233 desa di 34 kabupaten/kota di delapan provinsi di Sumatera, PERMAMPU mendorong perubahan bagi perempuan miskin di akar rumput dengan meningkatkan status kesehatan dan gizi perempuan. Buku ini menghadirkan dokumentasi pembelajaran kepemimpinan perempuan di dalam LSM dan menunjukkan bahwa terlepas dari segala tantangan yang ada, perempuan mampu memimpin dan menggerakkan perubahan.

Reses Partisipatif, Menjadikan Reses Lebih Efektif

Mekanisme reses merupakan salah satu instrumen untuk menghubungkan anggota parlemen dengan konstituennya, pada kenyataannya tidak sesuai dengan tujuan dan harapan. Walaupun reses adalah kegiatan resmi yang diatur dalam perundang-undangan, namun tidak ada mekanisme atau petunjuk teknis yang menjadi pedoman pelaksanaan reses. Untuk itu program MAMPU-Yayasan BaKTI bersama anggota DPRD dan mitra BaKTI di wilayah program mendiskusikan pengembangan model Reses Partisipatif yang diharapkan dapat digunakan oleh anggota parlemen. Reses Partisipatif adalah salah satu metode reses yang menggunakan metode partisipatif dan berspektif gender.

Jurnal Analisis Sosial: Aksi Petani dan Gerakan Politik Pedesaan

Jurnal Analisis Sosial edisi ini menyajikan tulisan-tulisan yang mengangkat tema politik pada para petani di pedesaan, mulai dari tuntutan atas lahan untuk pertanian, refleksi kritis tentang kesesuaian model-model pemecahan persoalan agraria masa kini, hingga kajian berperspektif gender untuk pemahaman yang lebih baik tentang kaitan antara kehidupan domestik konstituen gerakan tani kontemporer dan militansi kaum perempuan di dalam aksi pendudukan tanah.

 

Incomes from the Forest

Dalam dua dekade terakhir, telah terjadi peningkatan minat dalam potensi pengumpulan hasil hutan bukan kayu skala kecil dan pemanfaatan hutan dampak ringan lainnya untuk mencapai konservasi hutan. Para ahli menyarankan bahwa pemanfataan semacam itu tidak menjamin konservasi dan pendapatan ekonomi. Buku ini mendokumentasikan dan membandingkan metode-metode yang digunakan untuk menilai pilihan dalam mata pencaharian berbasis hutan. Enam belas penulis menyajikan kekuatan dan kelemahan dari berbagai metode yang telah digunakan di lapangan.

 

Jalan Panjang Hak Asasi Manusia

Buku ini memuat karya tulis Todung Mulya Lubis mengenai Hak Asasi Manusia, dengan titik perhatian pada persoalan pelanggaran HAM masa lalu dan mereka yang menjadi korban. Tak hanya menunjukkan perhatian dan empati, Mulya Lubis juga banyak menyinggung bagaimana ide  kebebasan serta penguatan hukum dan HAM. Rentang tulisan Mulya Lubis ini melintasi masa-masa suram demokrasi di Indonesia, sejak kepemimpinan Soeharto, Habibie, Gus Dur hingga Megawati.

Submission Agreement

Terimakasih atas  ketertarikan Anda untuk mengirimkan artikel ke BaKTINews. Dengan menyetujui pernyataan ini, Anda memberikan izin kepada BaKTINews untuk mengedit dan mempublikasikan artikel Anda di situs web dan situs afiliasinya, dan dalam bentuk publikasi lainnya.
Redaksi BaKTINews tidak memberikan imbalan kepada penulis untuk setiap artikel yang dimuat.  Redaksi akan mempromosikan artikel Anda melalui situs kami dan saluran media sosial kami.
Dengan mengirimkan artikel Anda ke BaKTINews dan menandatangani kesepakatan ini, Anda menegaskan bahwa artikel Anda adalah asli hasil karya Anda, bahwa Anda memiliki hak cipta atas artikel ini, bahwa tidak ada orang lain yang memiliki hak untuk ini, dan bahwa konten Artikel Anda tidak mencemarkan nama baik atau melanggar hak, hak cipta, merek dagang, privasi, atau reputasi pihak ketiga mana pun.

Anda menegaskan bahwa Anda setidaknya berusia 18 tahun dan kemampuan untuk masuk ke dalam kesepakatan ini, atau bahwa Anda adalah orang tua atau wali sah dari anak di bawah umur yang menyerahkan artikel.
 
Satu file saja.
batasnya 2 MB.
Jenis yang diizinkan: txt rtf pdf doc docx odt ppt pptx odp xls xlsx ods.